75 Seni Hidup Produktif By Masrukhul Amri

Ada 4 tipe manusia yang hidup didunia ini yaitu:
Pertama, orang yang tahu bahwa dirinya tahu, inilah manusia yang diharapkan, sebab dia bijaksana.
Kedua, orang yang tahu bahwa dirinya tidak tahu, ini manusia bodoh dan harus segera diajak belajar.
Ketiga, orang yang tidak tahu kalau dirinya tahu, ini manusia tidur, harus segera dibangunkan.
Keempat, orang yang tidak tahu bahwa dirinya tidak tahu, ini manusia " Bapaknya bodoh ".

1. KENALI DIRIMU
Kita harus yakin bahwa kita bisa sukses. KITA DILAHIRKAN DARI BAHAN PILIHAN. Kita terbentuk setelah terjadi pembuahan satu ovum oleh satu sperma tangguh, yang telah menyisihkan berjuta-juta sperma lainnya. Dan, Alhamdulillah kita pemenangnya. Mari kita syukuri kemenangan itu.

2. SETIAP HARI
Setiap hari kita harus yakin, bahwa kita baru dihidupkan lagi setelah mati, berupa tidur. Maka, HIDUP INI JANGAN DIMATIKAN. Berdo'alah setiap bangun tidur: " Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. KepadaNya-lah kami akan kembali". Bangun, bangun, dan bangun.
Maju terus pantang mundur!.

3. DICIPTAKAN SUKSES
Kita ini diciptakan untuk sukses, bukan untuk gagal. KITA DICIPTAKAN DENGAN KELENGKAPAN YANG SEMPURNA. Para ahli mengatakan, bahwa kita rata-rata baru memanfaatkan potensi dibawah 10%. Berarti yang 90% masih menganggur. Hanya menganggur yang dibiarkan akan menjadi karatan. Alangkah sayangnya.

4. SATU HARI INI
Satu hari ini, lebih baik dari 10 hari esok. Jangan menunggu esok apapun yang bisa dikerjakan hari ini, siapa tahu esok mati. PRODUKTIFLAH SEBELUM MATI. Malu, bila mati belum berbuat sesuatu yang berari! Dengan izin Allah lahir Abu Bakar, Umar, Ali, Usman, Umar Bin Abdul Aziz, Kholid Bin Walid, Hasan Al Bana, dan lain sebagainnya. Maka, dunia mengenal keharuman mereka. Dengan lahirnya kita, dunia mengenal apa? Marilah berprestasi!

5. HIDUPLAH
Jalani hidup setiap hari. Pikirkan, iilah hari terakhir saya. Bekerjalah seakan-akan hidup selamanya. Sekaranglah waktu yang betul-betul nyata. JANGAN MENUNGGU SEMPURNA. Jalan dan jalan. Jangan terjebak alasan, "Belum punya pengalaman", sehingga tidak mengerjakan apapun. Ingat, bayi tidak punya pengalaman berjalan ketika berlatih berjalan. Buktinya, kita bisa berjalan.

6. MASA LALU
Banyak orang yang hidupnya habis untuk berfikir tentang masa lalu-masa lalu yang gagal. Akibatnya takut bertindak. Massa lalu yang sukses-akibatnya lupa berbuat yang lebih sukses. Bagi kita yang terpenting adalah: 10% BERBICARA MASA LALU dan 90%BERBICARA MASA DEPAN. Bukan sebaliknya.

7. BANGUN
Buatlah setiap hari bangun yang menyenangkan. Dan pikirkan. Buatlah sejumlah kegiatan dengan dasar: hidup petualangan mulia. JANGAN HIDUP TANPA KEGIATAN. Sudah ikhtiar optimal, dan sukses adalah peluang pahala.



8. SUKSES
Kita akan menjadi lebih kuat apabila selalu menanamkan dalam zikir, pikir, dan ikhtiar: HARI INI HARUS LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN. Hanya itu.

9. CENDERUNG
Kecenderungan untuk mengembangkan yang terbaik pada diri kita, akan menghasilkan yang terbaik untuk kita dan orang lain. Begitu juga sebaliknya. Kita tinggal pilih: SUKSES ATAU TERJUNGKAL.

10. KEMENANGAN
Kemenangan bukanlah ditentukan oleh banyaknya tepukan tangan dan karangan bunga. Tapi kemenangan sangat ditentukan oleh SIKAP TETAP MENANG walaupun dalam kekalahan.

11. SUKSES
Apa sukses itu? Sukses adalah hidup dalam persaingan menang-kalah. Menang tidak menjadikan sombong dan kalah tidak menjadikan minder. Konsepnya adalah BERLOMBA-LOMBA DALAM KEBAIKAN. Nggak usah pusing dengan yang lain.

12. APAPUN
Apapun arti sukses bagi kita, hanya satu kuncinya: Selalu disertai dengan KEBAHAGIAN, KEDAMAIAN, KEBERANIAN, DAN KEBERKAHAN DIRI SERTA LINGKUNGAN. Kalau itu tidak ada dalam diri kita, waspada! Jangan-jangan kita terjebak dalam kesuksesan yang menyengsarakan.

13. KITA
Tak ada seorangpun yang mampu menghalangi kesuksesan seseorang, kecuali kita sendiri yang menghalangi anugerah Allah SWT: berupa alat kesempurnaan menuju sukses. KITA MEMILKI KEMAMPUAN DAN KEKUATAN. Dan itu jangan dibunuh.

14. JARAK
Jarak antara kita dan sukses kita harus dipupuk dengan jembatan pengembangan; pembentangan kekuatan yang ada pada diri. JEMBATAN JANGAN DIRUSAK SECARA SENGAJA oleh kemalasan, keminderan, dan ketakutan untuk menyeberang.

15. PANGKAL
Peningkatan, berpangkal pada keyakinan pada diri sendiri. 'Allah SWT, sesuai prasangka hamba pada-Nya', begitu bunyi hadist qudsi. DENGAN KEYAKINAN, SEGALA MENJADI MUNGKIN.

16. PERBEDAAN
Perbedaan antara sukses dan tidak sukses adalah kemampuan meningkatkan keyakinan, tapi, yakin yang tak sombong. Sebab, YAKIN YANG SOMBONG IBARAT PARASIT YANG TIDAK DIBUKA, walaupun parasit itu sangat bagus, tidak ada artinya.

17. DERAJAT
Beda antara sukses tanggung dan sukses kelas kakap terletak pada derajat keyakinan, bukan pada kemampuan yang ia miliki. BANYAK ORANG YANG KEMAMPUANNYA TINGGI, TAPI SEMANGAT KEYAKINANNYA RENDAH. Kalau ini yang terjadi, ibarat kereta dorong yang baru beranjak setelah didorong-dorong.

18. YAKIN
Keyakinan pada diri sendiri dan keyakinan pada hasil yang dapat dicapai merupakan syarat bagi semua peningkatan sukses. Ada satu syarat untuk sukses dunia, sukses akhirat, dan sukses kedua-duanya, yaitu, ilmu. Begitulah pesan Rasulullah SAW. BAGI YANG TAK SUKA ILMU, SELAMAT SENGSARA dunia, akhirat, dan bahkan kedua-duanya.

19. KITA
Kita akan berada dalam kehidupan yang benar, selama lebih dulu yakin. dan ingat pada sang Pencipta, Allah SWT. Jangan ragu-ragu. Jangan mengeluh. Jalan terus. Lakukan apa yang kita anggap benar asal tidak melanggar ajaran agama Islam, sebab BAGAIMANAPUN KITA AKAN DIKRITIK ORANG.

20. SUMBER TENAGA
Sumber tenaga yang optimal muncul apabila kita mampu membuka katup tenaga lebar-lebar yang berupa keyakinan. Katup akan menjadi tertutup, salah satu penyebabnya adalah pandai, tapi tidak mau belajar. hal ini terjadi disebabkan oleh MERASA BERPENGALAMAN, SEHINGGA SUSAH UNTUK MENERIMA NASIHAT.

21. HILANGKAN
HILANGKAN KEYAKINAN YANG SALAH, yaitu keyakinan bahwa kita hanya mampu sampai disini dan tak bisa lebih jauh lagi. Dan, apabila kita tidak punya keyakinan yang lebih besar, dikhawatirkan kita termasuk orang-orang yang kurang mensyukuri terhadap ke-Maha sempurnaan Allah SWT dalam penciptaan makhluk-Nya.

22. KAYAKINAN DIRI
Kepercayaan diri akan mampu menyingkirkan semua kesukaran, masalah, serta hambatan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, BANYAK JUGA ORANG TIDAK MAMPU MENCAPAINYA.

23. HAK ASASI UNTUK SUKSES
Warisan yang mahal dan tak ternilai harganya adalah kemampuan untuk berbuat apapun yang baik. Yang ORANG LAIN BISA MELAKUKAN, KITA HARUS LEBIH BISA.

24. CIPTAKAN
Apabila kita percaya bahwa kita bisa, maka kita telah MAMPU MEMBUKA KATUP KEKUATAN agar kita bisa, dan, menjadi bisa.

2. GIGIH
Hidup yang paling produktif adalah, apabila kita yang hidup ini berkeyakinan terhadap kemampuan diri yang tak sombong dan terus TERUS BERTAHAN PADA KEHIDUPAN YANG PRODUKTIF hingga sukses.

26. BELAJARLAH
Banyak orang belajar untuk sukses dan yakin bahwa KITA DICIPTAKAN MEMANG UNTUK SUKSES.

27. KECIL DAN BESAR
Banyak orang mendapat kepercayaan diri ketika mereka mendapatkan sukses kecil. Kemudian mereka mencapai sukses agak besar dan lama-lama yang paling besar, dengan mengenali kenyataan bahwa DIRI MEREKA SAMA DENGAN YANG LAINNYA, LAYAK SUKSES.

28. AKAR
Banyak akar menuju sukses. Tapi, ada satu akar yang mendalam dan menggantikan akar-akar yang lainnya. AKAR SIKAP POSITIF. Tanpa itu tak akan ada artinya.

29. KULIAH
Beda jurusan, beda materi beda hasil. Ada satu yang sama, dan sering terlupakan. SEMUA MATERI DIARAHKAN OLEH MENTAL POSITIF.

30. BAKAT
Bakat tak ada artinya dibanding dengan sikap mental positif. SIKAP MENTAL POSITIF ADLAH SEGALA-GALANYA.

31. KENDALIKAN
KENDALIKAN SIKAP POSITIF, maka segalanya dapat mengatur jalan kita sendiri dan mengarahkan hidup ketingkat kesuksesan.

32. SEGERA
Segera putuskan sekarang. Jangan tunda-tunda. Keputusan bahwa ANDA TIDAK LAYAK MEMBERI KEHIDUPAN INI DENGAN KEHIDUPAN NEGATIF.

33. CENDERUNG
ANDA ADALAH APA YANG ANDA PIKIRKAN. Sangat logis kalau kita harus mengisinya dengan kegembiraan, pershabatan, optimisme, dan bukan kerusakan, permusuhan, dan pesimisme.

34. GANTI
Jika anda marqah, jengkel, atau susah, segera obati dengan pil rasa cinta pembunuh rasa benci, pil rasa bersahabat, penawar rasa permusuhan, dan PIL RASA BERKAH PENOLAK RASA MISKIN.

35. BELANTARA
Tanpa tahu kemana hendak pergi, KITA HANYA AKAN BERPUTAR-PUTAR DI BELANTARA dan tidak pernah sampai ketujuan. Walaupun sudah kecapaian dan menghabiskan air satu drum sekalipun.



36. PENGEMBARA
Pengembara tanpa tujuan. Ini sering dialami orang. Kelihatannya sibuk, tapi SAMPAI TUA TIDAK MENCAPAI TUJUAN.

37. PUTUSAN
Pada saat seseorang memutuskan, orang yang punya ketetapan hati kuat, selalu membuat keputusan. Dia TIDAK MERENGEK-RENGEK MINTA SUMBANGAN...untuk memutuskan.

38. BERLOMBA
Kunci hidup sukses: Kemampuan menanamkan sikap untuk berlomba-lomba dlam kebaikan. Bertindaklah dengan kebaikan, tapi JANGAN MERASA DIRI PALING BAIK.

39. SANG PENCIPTA (ALLAH SWT)
Bumi ini diciptakan bukan untuk manusia yang tak punya tujuan. HIDUP TAK PERNAH DICIPTAKAN UNTUK PERMAINAN, tapi untuk perjuangan. Putuskan sekarang, apa yang anda inginkan dari hidup, kawan!

40. TAK ADA
Tak ada satu orang hebatpun didunia ini yang bisa bertindak untuk anda. Pilihan ada pada diri anda sendiri. ANDA BISA MENJADI APAPUN YANG ANDA INGINKAN, asal, buat keputusan untuk anda sendiri.

41. SASARANG JANGKA PANJANG 1
Segera pikirkan terus menerus menurut tujuan dan hindari angin perubahan. ANDA INGIN MENJADI APA PADA USIA 40, 50, 70, 80, ATAU SERATUS TAHUN TAHUN NANTI. Segera pikirkan, usia yang patut menjadi contoh yang muda.

42. SASARAN JANGKA PANJANG II
Hidup sukses bukan ditempuh dengan usaha satu langkah. Kita harus melakukan Perjalanan panjang dan ditempuh selangkah demi selangkah. Setiap langkah tersenyum, dan setiap senyum adalah modal untuk melangkah berikutnya. SELAMAT TERSENYUM, MAS!

43. SASARAN JANGKA PENDEK
Semua tugas besar akan menjadi ringan. Semua tugas ringan akan menyenangkan. Dan, tugas yang menyenangkan akan mampu mendaki tujuan harian, mingguan, dan bulanan. Dengan menyelesaikan langkah-langkah kecil yang menyenangkan, sebenarnya LANGKAH MERUPAKAN SEBAGIAN DARI LANGKAH YANG LEBIH BESAR.

44. REMEH
Jangan remehkan kemampuan diri anda. Nanti anda akan diremehkan oleh kemampuan itu sendiri. JANGAN BERPUAS DIRI HANYA MENJADI ORANG NOMOR DUA, nomor satu pun masih layak dicapai.

45. ALASAN
Alasan-alsan yang tak masuk akal, sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit, bukit kegagalan. Dan, KEGAGALAN ADALAH KUMPULAN ALASAN YANG TAK MASUK AKAL, namanya, penyakit rendah diri.

46. MAKHLUK LEMAH
Pada dasarnya manusia makhluk kuat. Jadi jangan dikasihani, anda manjadi makhluk lemah. LEMAH MENUJU SUKSES.

47. PILOT
Pilot bertanggung jawab pada diri dan para penumpang. Pilot yang gagal adlah PILOT YANG TAK YAKIN BAHWA DIRINYA ADALAH PILOT-Pilot kehidupan.

48. MENGECILKAN ARTI
Banyak orang minder karena mengecilkan dirinya denagan menganggap dirinya kalah. Tamatan SD minder karena belum lulus SMP. Tamatan SMP minder karena belum lulus SMA. Tamatan SMA minder karena belum sarjana. Padahal, berjuta-juta kesuksesan telah diciptakan oleh orang yang belum tamat SD, bahkan TK pun belum tamat. Mereka tidak tamat TK, tapi TAMAT MEMPELAJARI POTENSI DIRINYA.

49. PERHATIKAN
Kita harus perlihatkan yang terbaik dalam diri kita. Menyingkirkan semua negativisme dan beralih ke positivisme. Kita punya hak asasi...HAK ASASI SUKSES.

50. TERUS DAN TERUS
Teruslah pertahankan mental. Mental positif tentunya. JANGAN SETENGAH-SETENGAH. Didiklah setinggi-tingginya dan teruslah menatap kedepan, yaitu tujuan.

51.BUKTIKAN
Mencoba dan membuktikan bahwa sukses itu ada, seperti adanya ORANG-ORANG SUKSES YANG TERDAHULU. Ayo, ikuti mereka. Jangan ketinggalan, anda bisa!

52. BIARKAN SUKSES
Biarkan sukses tercapai. Biarkan pikiran diawang-awang, tapi KAKI TETAP DI BUMI. Biarkan prinsip-prinsip sukses bekerja dengan cara yang sehat.

53.TUJUAN
Ciptakan tujuan sedini mungkin. Rawatlah agar positif. Akibat positif, segala USAHA KITA BISA DIARAHKAN PADA TUJUAN ITU.

54. RENCANA BISA BERUBAH
Apabila kita memutuskan sasaran hidup kita, tempat tujuan harus pasti dan jangan berubah. Ada yang boleh berubah, yaitu, rencana. Ke Jakarta misalnya. Jakarta harus pasti, tapi taktik untuk ke Jakarta bisa berubah. Kalau taktik yang satu ada kegagalan, HARUS PUNYA RENCANA CADANGAN untuk menuju sasaran.

55. RENCANA
Rencana akan meluruskan jalan dan menyingkirkan segala kebetulan. PERENCANAAN MENGHILANGKAN KEBIASAAN HIDUP SEMRAWUT. Perencanaan tepat akan mengarahkan anda langsung ke sasaran.

56. ADA
Adanya harapan, timbul kepercayaan. SELALU ADA KESEMPATAN selama masih ada api harapan berkobar. Harapan benar-benar penting. Harapan seperti sekilas cahaya. Sifat terbaik harapan adalah mewakili pemikiran positif dan mengobati yang negatif.

57. TUMBUH
Jangan membiarkan pemikiran anda menjadi menerawang dan pasif. Kalau sekedar harapan, tidak akan pernah tumbuh. Pemikiran positif ini jarang memberikan manfaat besar, hanya memberikan bantuan kecil terhadap kehidupan kita. HIDUP PUN JADI MENGECIL DAN...BISA MATI!

58. EVALUASI
Evaluasilah kehidupan anda setiap hari. Apakah aku membutuhkan? Apakah ini penting? Apakah ini membantu kehidupanku? Evaluasi dan evaluasi!

59. SEKEDAR
Bila kita benar-benar menghendaki sesuatu, kita harus membuat keputusan positif. SEKEDAR BERHARAP TAK AKAN MEMBUAT KEADAAN TERWUJUD.

60. NYATA
Hari-hari esok takkan pernah nyata dan bermakna bagi kita, kecuali kalau kita memulai bertindak hari ini. Harapan buruk adalah, INGIN HIDUP DIMASA DEPAN DAN SEKARAT PADA SAAT INI.
Astaghfirullah....!

61. TEGAR
Pasti mampu, merupakan bahan bakar yang akan menyalakan harapan menjadi api gairah yang diperlukan untuk mewujudkan kenyataan. BUAT KEHENDAK TEGAR untuk mewujudkan harapan menjadi kenyataan.

62. ALLAH SWT
Allah SWT. Memberi tantangan pada jin dan manusia. TEMBUSLAH BUMI DAN LANGIT KALAU KAU BISA. Tapi ada syarat, kau harus punya shulton(kekuatan). Terpenting kkuatan akan harapan.

63. HUKUM
Kita berada disitu, karena kita memang melilih disitu. Hukum ini benar yakin, kita MENJADIKAN SEPERTI ADANYA KITA. Karena kita memilih untuk demikian.

64. HIDUP
Hidup bisa saja maju, bisa saja mundur, bisa saja tersingkir, bisa saja tergusur. Semua tergantung aspirasi dan ambisi kita. Mau jadi apa Mas? Mau mundur, SILAKAN KALAU TIDAK MALU!

65. BILA KITA
Jika kita yakin bahwa kita dilahirkan untuk sukses. BILA AKHIRNYA SUKSES, ITU HAK ASASI KITA. Membantukan sukses kita pada orang lain, juga hak asasi kita. Mengapa kita mendaki ke tempat setinggi-tingginya? Ayo naik, untuk sukses.

66. PEMBATASAN
Kita sendirilah yang sering mencampakkan kesempatan dengan membuat pembatasan diri. Kita sendiri MEMBUAT BATASAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN KITA tanpa mau lebih menengok ke dalam diri kita. Itulah dosa kita, dosa membatasi kemampuan diri. Padahal kita punya potensi, potensi sukses.

67. LUPAKAN MASA LALU
Masa lalu adalah mati. Kita hari ini lahir, bangun dan berdoa. BANYAK ORANG INGIN SUKSES, TAPI PIJAKANNYA KURAN TEPAT. Pijakan mati, pijakan masa lalu. Lupa pada pijakan hidup, pijakan hari ini. Merdeka!

68. PENDIDIKAN
Jika anda layak untuk mendapatkan kemajuan dasyat, jangan matikan dengan aspirasi seadanya, aspirasi biasa-biasa saja. KITA BISA BERASPIRASI UNTUK SUKSES dalam kehidupan nyata. Syaratnya, sadar akan keberadaan kita, sadar akan hidup sukses.

69. PEMBUNUH
Kesempatan hidup sukses kita sering terbunuh oleh sifat menunggu waktu dan menunggu hidup disumbang alias meminta-minta, keponakannya ngemis. Menunggu batuan orang. Itulah dua ketajaman PISAU PEMBUNUH SUKSES.

70. MOBIL MEWAH
Kalau boleh kita diilustrasikan sebagai mobil mewah, tetapi malas menyetirnya. MENUNGGU ORANG LAIN MENGEMUDIKAN. Tampak, sukses takkan ada. Inilah yang sering terjadi pada kebanyakan orang yang tak sukses. Karena hidup menunggu pemberian orang. Akibatnya hidup kurang kreatif.

71. BEKAL MAKAN
Bekal makan yang termahal adalah kehendak. Semua tergantung kita. MAJU, MUNDUR, ATAU JALAN DITEMPAT. Silakan pilih sendiri.

72. SEDIKIT
Setiap orang punya gambaran, hasrat dan keinginan untuk dicapai. Banyak ambisi yang dimiliki, tak cukup kuat untuk kebanyakan orang. Hal ini terjadi karena BEGITU SEDIKIT ORANG YANG SADAR AKAN NILAI HIDUP. Hidup adalah perjuangan, perjuangan untuk sukses, agar hidup bermanfaat.

73. KETETAPAN HATI
Hati yang selalu was-was takkan pernah mendapatkan hal-hal yang berharga dalam kehidupan ini. Kita harus terus menerus meningkatkan pusat perhatian pada tugas hidup. Tugas untuk SUKSES DAN TIDAK WAS-WAS.

74. LOYO
Hasrat yang setengah-setengah, biasa-biasa saja, pasti akan lemah dan loyo. Hasrat kita harus menjadi hasrat membara. Kehendak pasti, terarah pada tujuan. Jika kita membuat ketetapan dengan gairah macam ini, takkan bisa orang menghalangi kita dari pencapaian tertinggi. HIDUP JANGAN BIASA-BIASA SAJA. Merdeka untuk sukses!

75. HALANGAN
Hasrat yang kuat, menyingkirkan dan langsung melewatinya dengan mengucap: "Maaf halangan, kau kulewati!." Kalau ada kekalahan, kita hanya perlu menambahkan arus hasrat dan bertahan. Sudah, pasti menang!

Popular Posts

Drum band " GEMA TIRTA AJI "

Drum band " GEMA TIRTA AJI " Drum band ini merupakan seni musik yang dikembangkan di dusun Banyurip Pasuruhan, kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Dahulu seni Drum band ini bernama " SAPU JAGAD " , kemudian setelah termakan waktu dan musim seni drumband ini berubah nama menjadi " GEMA TIRTA AJI " dengan jumlah personil sekitar 43 orang, dengan 3 mayoret/pemandu, 35 putra dan 5 putri. Bp. Untung Singgih merupakan Ketua dari Seni Drumband ini dengan Bp. Nur Fian sebagai Sekretarisnya. Ini merupakan foto personil Drumband saat pentas di dusun banyurip Bulu, ketika acara Akhirussanah Pon Pes Darul Maghfur Al Ikhlas yang ke-18.

Sejarah Berdirinya PP. Darul Maghfur Al Ikhlas

Pada suatu hari (lampau) ada seorang anak yang bernama Muhyiddin putra bapak Muntamat dusun Banyurip, desa Pasuruhan, kecamatan Bulu, kabupaten Temanggung. Beliau disuruh menuntut ilmu ditaman Banyuwangi Jawa Timur. Taman itu bernama Pon Pes Bahruttolab dengan pangasuhnya bapak Kyai Makin dan bapak Kyai Iman . Beliau ikut keluarga dalam(keluarga kyai), disana beliau mengaji sambil bekerja. Semakin lama beliau bertambah ilmunya dan tumbuh menjadi anak yang pintar, akhirnya beliau menjadi anak korek (murid yang diangkat menjadi ustadz atau murid yang sudah disuruh mulang / mengajar. Setelah tahun berganti tahun, beliau sambil mengaji didesa lainnya yang bernama desa Srono, Banyuwangi, Jawa Timur. Nama pesantrennya adalah Nurul Ikhlas atau Darul Maghfur Al Ikhlas dengan pengasuhnya bapak kyai Toha. Karena sangat semangatnya dia mempunyai cita-cita dan demi tercapainya cita-citanya, beliau berangkat terus-menerus setiap hari dari Taman Agung(Pon Pes Bahruttolab) dengan mengendarai se

Membuat Onde-Onde Ceplis

Asing ya sama nama Onde-Onde Ceplis? Penasaran!!! Mau tau cara membuatnya? Simak aja. Bagi yang pengen membuat, nih admin kasep resep-resepnya. Bahan-bahannya : Tepung Tapioka/pati ubi      3/4 kg Tepung beras ketan             1/4 kg Telur ayam                          4 butir Santan Kelapa                     secukupnya Gula pasir                            1/4 kg Garam dapur                       1 sendok teh Wijen                                  secukupnya Cara Membuatnya : Telur ayam dikocok sampai mengembang betul, Tepung tapioka dan tepung beras ketan dimasukkan kedalam kocokan telur tersebut. Santan kelapa, gula pasir, dan garam dapur dicampur juga, terus dicampurkan pada campuran no.2 dioplos dengan tangan sampai menjadi adonan yang pekat. Kenudian dibuat bulat-bulat seperti keneker, terus ditempelkan pada wijen satu-persatu, dibolak-balik sampai merata. Yang terakhir, onde-onde ceplis tadi terus digoreng. Keterangan : Tepung tapioka juga disebu

Klepon

Klepon Bahan : 2 buah Ubi merah besar (dikukus dan dihaluskan) 250 g tepung ketan 1 cangkir air panas   Isinya : Gula jawa yang 3 buah (dipotong kecil-kecil) Diluarnya: Kelapa parut   1 buah Garam sedikit Cara Membuat : Campurkan ubi halus dengan tepung ketan, air panas dituangkan sedikit demi sedikit untuk membuat adonan yang agak padat. Dari adonan ini dibuat bola-bola dengan jari dibuat lobang didalamnya, tutup dan bentuk seperti semula. Dalam panci yang diisi air lebih dari separuh penuh, air dididihkan. Bola-bola direbus. Kalau naik kepermukaan air, maka bola-bola itu telah matang. Kelapa parut diletakkan dalam piring. Bola-bola yang telah direbus, digulungkan kedalam kelapa ini.